Rabu, 15 Desember 2010

Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang

A big wide beautiful green school. Salah satu sekolah ternama di Kota Malang. Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang. Mempunyai fasilitas yang lengkap dan sangat layak. Disini banyak terdapat murid yang berasal dari luar kota, bahakan luar jawa. Salah satu faktornya, karena di MAN 3 Malang ada "boarding school".
Saya rasa sistem pengajaran yang diberikan oleh sekolah bagus, tetapi kurang maksimal dan efektif. Misalnya EMU, tujuan dari EMU adalah membiasakan kita untuk menghadapi try out pada saat menjelang UNAS. Tetapi dari pihak sekolah saja sepertinya tidak begitu serius dalam menyelenggarakan EMU. Rapor EMU memang ada tersenderi, tetapi tidakpernah dievaluasi.
MAN 3 memakai sistem full day school. Yang saya tahu, full day school tidak akan membebankan siswa dengan banyak tugas (PR). Tetapi disini setiap guru mata pelajaran seperti berlomba-lomba dalam memberikan tugas. Mungkin maksud beliau-beliau agar memudahkan kita saat kuliah nanti, tetapi tugas yang terlalu banyak juga membuat murid merasa tidak nyaman.
Setaip tahun disekolah ini pasti selalu melakukan renovasi. Saat ujian saja masih tetap dilakukan renovasi. Itu bisa mengganggu konsentrasi murid-murid. Yang saya heran. kenapa bangunan yang sudah layak dan bagus masih terus saja direnovasi. Apa dana yang ada tidak sebaiknya digunakan untuk memberikan beasiswa pada murid yang berprestasi?
Itu adalah unek-unek yang rasakan 
selama saya belajar di MAN 3 Malang. Semoga sekolah ini semakin mengalami kemajuan baik sisi akademik maupun non akademik.

0 komentar: